Minggu, 17 Februari 2013

Sejarah Blogger dan Pengembangannya


Pengertian Blog 


Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah ini pertama kali digunakan oleh “Jorn Barger” pada bulan Desember tahun 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara continue dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.



Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen , gambar ataupun multimedia



Para pembuat blog ini sering di sebut dengan nama Blogger. Melalui Blognya kepribadian Blogger menjadi begitu mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.



Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika Blogger memuat tulisan tentang apa yang sedang di pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog personal dapat di sebut juga Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa blog dibuat untuk dibaca orang lain.


Seiring perkembangan weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog juga akan berkembang seiring dengan ide - ide dan kemauan para Blogger. 



Sejarah Blog 

Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman "What’s New" pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape..Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya "Justin’s Home Page" yang kemudian berubah menjadi "Links from the Underground" yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.

pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer saja yang kemudian menciptakan Blog-Blog mereka sendiri. 

Hingga kemudian media blog pertama kali di populerkan oleh Blogger.com yang di miliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi ( di beli ) oleh google.com pada akhir 2002 yang lalu, Semenjak saat itu banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut. 

Sampai akhirnya saat ini, tidak perlu menjadi seorang programmer untuk menjadi seorang Blogger, karena anda dapat menampilkan seluruh isi dalam web dengan mudah melalui menu editor yang telah banyak disediakan

Dasar Pemikiran Pembuatan Blog 


Ada beberapa alasan bagi seseorang dalam membuat blog atau situs .Ada yang bertujuan untuk bisnis, ada pula yang bertujuan untuk non bisnis, berikut adalah maksud dari tujuan bisnis dan tujuan non bisnis : 




Ø Tujuan non bisnis 



Situs internet dapat dibuat berdasarkan atas tujuan nonbisnis dan dapat pula didasarkan atas kepentingan bisnis. Untuk nonbisnis adalah dimana pembuatan situs blog untuk memberikan ilmu gratis dari internet, berbagi ilmu dengan orang lain , melakukan penelitian bersama, atau sekedar memberi informasi tentang kehidupan pribadi baik di kantor atau di rumah melalui internet. Pembuatan situs untuk nonbisnis ini tidak terlalu mementingkan bisnis artiya sumber pembiayaan situs tidak terlalu dipermasalahkan oleh pembuat blog dikarenakan sudah memiliki sumber pendapatan yang lain.



Ø Tujuan bisnis 



Bisnis adalah suatu entitas yang mana memliki tujuan untuk menghasilkan profit (keuntungan) tertentu.Bila kita melakukan suatu aktivitas bisnis di Internet maka tentu saja dalam rangka menghasilkan profit ( untung ) .Istilah dalam bahasa computer berbisnis di Internet disebut electronic commerce atau lebih dikenal dengan e-commerce. Oleh sebab itu sudah jelas bahwa untuk tujuan ini memerlukan usaha untuk mendirikannya, menjalankan serta memelihara usaha agar memperoleh profit minimal untuk operasional situs tersebut.



Keuntungan penggunaan Blog 


Begitu banyak keuntungan yang kita dapatkan dari penggunaan blog, di bawah ini adalah salah satu dari kegunaan penggunaan blog :
  • Melalui sebuah blog ,anda dapat memperluas hubungan antar teman ataupun kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar. 
  • Blog melebihi surat elektronik (Email), dikarenakan satu posting blog yang anda bahas, dapat dibaca oleh pengunjung blog yang tak terbatas jumlahnya. Beda dengan email yang hanya bisa dibaca oleh orang khusus yang anda kirimkan. Selain itu, pengunjung blog juga dapat dengan cepat memberikan respon terhadap posting blog anda melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di blog tersebut.

Komunitas Blogger


Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari [para blogger] berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.
Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.

Jenis-jenis blog


  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  • Blog Virus (Virus): Digunakan untuk merusak

Budaya populer


Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet, dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar.
Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan (misalnyaAdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog, karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog ini.

Risiko kejahatan

Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.


sumber : http://zengbogel.blogspot.com/2011/11/pengertian-dan-sejarah-blog.html 
                  http://id.wikipedia.org/wiki/Blog

1 komentar:

  1. RASAKAN SENSASI KEMENANGAN DENGAN MEJA HOKI DAN KARTU BAGUS SETIAP HARINYA !!
    SATU - SATU NYA SITUS TARUHAN DENGAN RATING KEMENANGAN TERTINGGI DAN PENCARIAN BANDARQ NO. 1 DI GOOGLE!! :)
    Dengan Fasilitas Exclusive :
    Proses Transaksi yg jauh Lebih mudah dan Cepat!!
    Minimal Depo & WD Terjangkau cuma 20 rb!!
    Kartu di Meja juga Lebih Ringan..
    Tidak lupa juga Menemani anda Tips & Trik yg Selalu Jitu..
    Games Juga Mudah di Akses dr berbagai Gadget LHO!!!
    jangan pusing lagi bos.. Bermain dengan santai dan Tenang bersama kami!!
    karena tidak ada pelayanan se-mewah, se-profesional dan se-exclusive Hobiqq,Poker!! ^^
    Kembangkan Hobi anda.. Warnai kartu anda yang hobi selalu kasih QQ !!! ^^
    HUB KAMI DI :
    SKYPE : HOBIQQ
    FACEBOOK : HOBIQQ
    PIN BBM : 7770C8B4
    Yahoo : Hobiqq@yahoo.com
    Line : HOBIQQ
    www. HOBIQQ .poker
    www. HOBYQQ .com
    www. HOBI99 .com

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll